Kanker Otak…..Siapa Takut…???

InfoDSetiap orang pernah pusing. Kepala terasa berat atau serasa mau pecah. Harap waspada jika rasa pusing itu terasa berat setiap istirahat atau bangun tidur di pagi hari dan terasa enteng kalau dibawa bangun atau duduk. Bisa jadi itu tanda-tanda tumor atau kanker otak.
Menurut para ahli, ada beberapa gejala yang perlu menjadi perhatian khusus. Selain kepala pusing sampai mau pecah, gejala yang paling umum yaitu muntah tanpa sebab (tanpa mual-mual) dan edema papil (bengkak di pupil mata yang hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan khusus). Masih banyak gejala lain yang berhubungan dengan tumor otak, di antaranya kejang, salah satu anggota badan lumpuh, susah bicara, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, mati rasa, kepribadiannya berubah, gampang lupa, gampang pingsan dll. Ada juga tumor atau kanker otak yang tanpa gejala. Semua itu tergantung di bagian otak yang mana tumbuhnya si tumor.
Sampai sekarang, para dokter belum bisa menyebutkan apa yang menjadi penyebab kanker, khususnya kanker otak. Ada beberapa dugaan, diantaranya perubahan genetika yang terjadi saat bayi masih dalam kandungan, radiasi, sering bersinggungan/makan dengan zat-zat kimia buatan, terkena polusi, kena virus, sering terkena medan elektromagnetik, asap rokok, salah makan, terlalu banyak menggunakan handphone dll.
Tumor otak bisa menyerang siapa saja, lebih-lebih kaum remaja atau orang yang umurnya lebih dari 70 tahun. Jenisnya berbeda-beda. Ada yang menyerang sel-sel neuropithelial, ada yang menyerang selaput otak, pembuluh darah, germ cells, kelenjar pituitary. Selain tumor otak primer, ada juga tumor otak metastasis yang asalnya dari kanker di bagian tubuh yang menyebar ke otak.
11913053990Meskipun frekuensinya tidak terlalu banyak (hanya 1,4% dari semua kanker), tapi kanker otak sangat merepotkan karena efeknya yang bermacam-macam. Timbulnya efek tersebut disebabkan otak yang merupakan pusat kehidupan manusia, yang mengatur fungsi semua organ tubuh. Meskipun tumor ini tidak ganas tapi cukup berbahaya sampai mengakibatkan kematian. Selain itu tumor atau kanker ini bisa diobati dan bisa sembuh. Semua itu tergantung tingkat stadiumnya dan juga letak tumbuhnya.
Pengobatan utama yang dianjurkan bagi penderita kanker otak adalah operasi. Tujuannya untuk menghilangkan tumor sampai bersih. Paling tidak untuk mengurangi massa sebanyak-banyaknya, dan juga untuk keperluan biopsi (pemeriksaan untuk mengetahui secara persis jenis tumor sehingga bisa ditentukan obat apa yang paling manjur). Itu jika tempatnya mudah dijangkau atau resikonya tidak terlalu besar. Tapi jika membahayakan tidak dilaksanakan operasi, sebagai gantinya dilakukan radioterapi atau kemoterapi.
Umumnya pengobatan tadi juga dicombine dengan terapi biologi, menggunakan obat-obatan yang bertujuan mencegah sel-sel kanker berkembang atau menyuruh sel-sel kanker yang ada agar “hara-kiri”(apoptosis).
Proses pengobatan kanker merupakan proses yang tidak bisa dianggap enteng. Sebab membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan. Efek sampingnya banyak dengan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, kanker tidak bisa dihadapi sendirian. Harus dihadapi satu tim yang terdiri dari keluarga, teman, dokter, perawat, spiritualis dan tentunya si pasien itu sendiri. Menurut http://rumahkanker.com, pengobatan medis saja tidak cukup untuk melawan kanker. Harus diikuti dengan memperbaiki pola hidup. Harus bisa menjauhi apa-apa yang menjadi penyebab tumbuhnya kanker, misalnya mengatur pola makan dan menghilangkan emosi negatif.
Meski pengobatan kanker itu berat, harus bisa dijalani dengan hati ikhlas, pasrah tapi tetap optimis akan kesembuhan. Sebab optimisme dan keikhlasan tadi akan membentuk kekebalan dan obat dari dokter gampang manjur.

Disunting dari Jaya Baya edisi Minggu III Juni 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: